Jumat, 08 Januari 2016

telaah buku teks SMK

ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku      : Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik
Kelas                 : X
Jenjang             : SMK
Topik                : Teks Prosedur

Komponen Buku
Deskripsi  pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut


K C
B
A.   Sistematika
Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai
Proses Menjadi Warga Yang Baik




V
Sudah tampak hubungan yang siknifikan antara sarana yang digunakan (teks prosedur) dan tema yang dimaksud pemilihan judul bacaannya juga sudah sesuai dengan tema yang dimaksud. (sesuai KD pada kurikulum 2013)
Perbanyak contoh bacaan.
Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan

Membaca Teks Prosedur tentang Tilang, mendiskusikan Langkah-Langkah dalam Teks Prosedur, memahami Struktur Teks Prosedur, memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur, menganalisis Bagian-bagian Teks Prosedur, membaca Teks “Cara Mengurus SIM”, menyusun Langkah-Langkah Penerimaan Siswa Baru, membuat Teks Prosedur kompleks  “Pengurusan KTP”, menyusun Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur, memahami Prosedur Membaca Puisi, Mencari Contoh Teks Prosedur tentang Menjalankan Sebuah Pekerjaan, Memahami Teks Prosedur tentang Pengurusan Visa, Membuat Teks Prosedur tentang Pengurusan Kartu Pelajar, menceritakan Ulang Teks Prosedur.
V


Susunan sub topik diakhiri dengan menyusun kembali urutan kalimat (tugas 4) dan memahami prosedur membaca, padahal sub topik tersebut merupakan tahapan yang harus dilaksanakan lebih dahulu sebelum   sub topik membuat teks prosedur (tugas 3).
Urutan materi disesuaikan dengan urutan KD
(memahami, menyusun kembali urutan kalimat, membuat)
Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik
Memahami unsur kebahasaan dalam teks prosedur “Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Ditilang?” (tugas 4)

V

Pemberian contoh sudah ada akan tetapi masih kurang, karena dijelaskan dengan satu contoh yaitu partisipan manusia secara umum. Begitu pula dalam pemberian tugas, belum diberikan contoh secara implisit/nyata.
Mele-ngkapi contoh dalam penyajian materi dan memberikan contoh yang berkaitan dengan tugas yang diberikan terlebih dahulu.
B. Uraian Materi          
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar
…. Pembelajaran teks ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik mengembangkan wawasan pengetahuan mengenai kewarganegaraan. Tujuannya adalah agar peserta didik terampil berpikir kritis dan kreatif serta mampu bertindak efektif menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata.





V

Pada pendahuluan bab disebutkan  keuntungan belajar teks prosedur, tetapi tidak dijelaskan dan diberi contoh. Hal itu memang dapat menyebabkan siswa termotivasi untuk belajar, tetapi kurang maksimal. 
Perlu penjelasan dan pemberian contoh mengenai keuntungan belajar teks prosedur dalam realita nyata.
Seperti setelah mempelajari teks prosedur siswa akan mengetahui bagaimana mengurus SIM dalam kehidupan sehari-hari, dsb. Sesuai dengan teks yang akan disampaikan.
Cakupan materi setiap subtopik/subbab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD
Kegiatan 1: Pembangunan konteks dan pemodelan teks prosedur
1. Membaca teks prosedur tentang tilang
2. Mendiskusikan Langkah-Langkah dalam Teks Prosedur
3. Memahami Struktur Teks Prosedur
4. Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
5. Menganalisis Bagian-bagian Teks Prosedur.
Kegiatan 2: Kerja sama membangun teks prosedur
1. Membaca Teks “Cara Mengurus SIM”
2. Menyusun Langkah-Langkah Penerimaan Siswa Baru
3. Membuat Teks Prosedur “Pengurusan KTP”
4. Menyusun Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur
5. Memahami Prosedur Membaca Puisi.
Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Prosedur
1 Mencari Contoh Teks Prosedur tentang
Menjalankan Sebuah Pekerjaan
2 Memahami Teks Prosedur tentang Pengurusan Visa
3 Membuat Teks Prosedur tentang Pengurusan
Kartu Pelajar
4 Menceritakan Ulang Teks Prosedur.

v

Terkait dengan KD 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, dan 4.5. Cakupan materi memenuhi kebutuhan pencapaian KD karena kata-kata kerja pada KD dioperasikan dalam penyajian teori, cara memeroleh kompetensi, dan contoh. Akan tetapi tugas kurang variatif.
Perlu pendalam-an materi, pemvariatif-an tugas dengan cara memberi tugas akhir berupa pembuatan teks prosedur dalam bentuk portofolio.
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik

1. Bacalah teks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Ditilang?” kemudian jawablah pertanyaan berikut!
2. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks itu! mudah, diskusikanlah dengan teman-teman kalian dalam kelompok .
3. Temukanlah kalimat yang mengandung … dalam teks prosedur tersebut!
4.Bacalah teks, cobalah mencari contoh kalimat… Setelah itu, ubahlah dari satu jenis kalimat menjadi jenis kalimat lainnya .
5. Identifikasilah struktur teks …
6. Susun kembali urutan kalimat dalam teks prosedur.
7. Cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan milik teman-teman kalian.
8. Diskusikanlah prinsip tersebut dengan teman-teman kalian. Setelah itu, praktikkanlah untuk membaca sajak yang berjudul “Aku”.

V

Pendekatan saintifik digunakan, tetapi tidak eksplisit dan tidak lengkap. Kegiatan “mengamati”, “mengumpulkan informasi”, “mengolah informasi” dan “mencipta” digunakan, tetapi tidak eksplisit. Kegiatan “menanya dan mengomunikasikan” tidak tampak.
Perlu pengekspli-sitkan kegiatan menanya dan mengomunikasikan dengan cara, misalnya, penyedian pancingan dan/atau jawaban dalam kolom (mencocokan)
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian  Pengetahuan


Penilaian pengetahuan dalam buku Bahasa Indonesia X semester 1 pada Kegiatan 1 dilakukan dengan
1.  memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan isi sebelum masuk ke teks prosedur pada tugas 1 pertanyaan 1 s.d. 10). Soal ini dapat digunakan untuk mengukur pengetahuan siswa.
2.   Pertanyaan pada tugas 2: Dari teks tersebut, cobalah mencari contoh kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif. Setelah itu, ubahlah dari satu jenis kalimat menjadi jenis kalimat lainnya.

Pada Kegiatan 2  dilakukan dengan:
1.  Perintah untuk mengingat  dan memahami teks prosedur.
2.  Perintah mengidentifikasi langkah-langkah pendaftaran sekolah.
3.  Perintah untuk bercerita langkah-langkah pendaftaran sekolah.
4.  Perintah untuk menyusun dan memmbanndingkan teks prosedur pada kegiatan 1.

Pada kegiatan 3 dilakukan dengan:
1.      Perintah mencari contoh teks prosedur tentang menjalankan sebuah pekerjaan.
2.      Perintah memahami teks prosedur tentang pengurusan visa.
3.      Perintah membuat teks prosedur tentang pengurusan kartu pelajar.
4.      Perintah menceritakan ulang teks prosedur.


V
Indikator memuat beberapa perilaku belajar yang kemudian dilakukan pengulangan pada indikator berikutnya.
Guru perlu menyusun penilaian untuk indikator yang belum dikembang-kan penilaian-nya
Penilaian Sikap
Penilaian sikap dapat ditemukan pada Kegiatan 1 Tugas 2 pertanyaan  1 d s.d. 10 )




V
Pertanyaan 1) s.d. 10)  dapat digunakan untuk mengukur sikap tanggung jawab, jujur, dan simpati kepada orang lain
Guru perlu memper-jelas sikap apa saja yang akan dinilai.
Guru perlu melengkapi dengan instrumen penilaian sikap misalnya dengan membuat tabel untuk penilauan sikap.
Penilaian Keterampilan

Pada buku Bahasa Indonesia X penilaian keterampilan ditemukan pada kegiatan 2 tugas 3 membuat teks prosedur kompleks dan tugas 4 menyusun kembali urutan kalimat teks prosedur kompleks





V
Siswa dilatih terampil membuat teks prosedur komplek yang dihasilkan. Aktivitas ini dapat digunakan untuk mencapai indikator  menyunting bagian teks prosedur kompleks dan memproduksi teks prosedur kompleks.
Dapat digunakan
dan perlu menyusun rubrik yang lebih sesuai. (seperti mencari contoh teks prosedur pada kemasan makanan/ minuman ke dalam lembar folio).
Tugas




Pada buku Bahasa Indonesia X tugas sudah diberikan dengan memadai. Pada Kegiatan 1:
Tugas 1 Membaca teks prosedur tentang tilang
Tugas 2 mendiskusikan langkah-langkah dalam teks prosedur
Tugas 3  Memahami Struktur Teks Prosedur
Tugas 4  Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
Tugas 5 Menganalisis Bagian-bagian Teks Prosedur.

Pada Kegiatan 2:
1) Tugas 1  Membaca Teks “Cara Mengurus SIM”
2) Tugas 2  Menyusun Langkah-Langkah Penerimaan Siswa Baru
Tugas 3  Membuat Teks Prosedur “Pengurusan KTP”
Tugas 4  Menyusun Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur
Tugas 5  Memahami Prosedur Membaca Puisi.

V

Terdapat tugas-tugas yang tidak jelas digunakan untuk mencapai indikator apa. Misalnya pada Kegiatan 1 Tugas 2 mendiskusikan langkah-langkah dalam teks prosedur.
(Siswa ditugasi menjawab pertanyaan tentang tilang, hal 38.
Oleh pengarang.
Guru  perlu memilih tugas yang sesuai dengan  indikator. Cukup dengan siswa disuruh untuk mendiskusikan bacaan kemudian hasil diskusi di bacakan. (tidak perlu ada soal).

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa

1.      Perumusan tugas perlu kesesuaian dengan indikator yang akan dicapai
2.      Teks Prosedur yang disajikan sudah cukup bnyak dan sesuai dengan tema, KI dan KD
3.      Perlu konsistensi dalam menyusun pertanyaan. Ada pertanyaan yang diberi contoh terlebih dahulu tetapi ada pertanyaan yang tidak diberi contoh (Pada Kegiatan 1 Tugas 2.
Jadi jika salah satu diberi contoh, maka yang lain pun juga diberikan contoh biar lebih mudah untuk dipahami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar