ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku :
Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik
Kelas :
X
Jenjang :
SMK
Topik : Teks Prosedur
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
|||
K C
B |
|||||||
A. Sistematika
|
|||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus
dicapai
|
Proses Menjadi Warga Yang
Baik
|
V
|
Sudah tampak hubungan yang siknifikan
antara sarana yang digunakan (teks prosedur) dan tema yang dimaksud pemilihan
judul bacaannya juga sudah sesuai dengan tema yang dimaksud. (sesuai KD pada
kurikulum 2013)
|
Perbanyak contoh bacaan.
|
|||
Urutan sub
topik /materi sesuai dengan KD dan
sistematika keilmuan
|
Membaca Teks
Prosedur tentang Tilang, mendiskusikan
Langkah-Langkah dalam Teks Prosedur, memahami
Struktur Teks Prosedur, memahami Unsur
Kebahasaan dalam Teks Prosedur, menganalisis
Bagian-bagian Teks Prosedur, membaca Teks “Cara
Mengurus SIM”, menyusun Langkah-Langkah
Penerimaan Siswa Baru, membuat Teks
Prosedur kompleks “Pengurusan KTP”, menyusun
Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur, memahami Prosedur Membaca Puisi, Mencari Contoh Teks Prosedur tentang Menjalankan
Sebuah Pekerjaan, Memahami Teks Prosedur tentang Pengurusan Visa, Membuat Teks Prosedur tentang Pengurusan Kartu
Pelajar, menceritakan Ulang
Teks Prosedur.
|
V
|
Susunan sub topik diakhiri dengan
menyusun kembali urutan kalimat (tugas 4) dan memahami prosedur membaca,
padahal sub topik tersebut merupakan tahapan yang harus dilaksanakan lebih
dahulu sebelum sub topik membuat teks
prosedur (tugas 3).
|
Urutan materi disesuaikan dengan
urutan KD
(memahami, menyusun kembali urutan
kalimat, membuat)
|
|||
Komponen
penilaian sesuai tuntutan penilaian
autentik
|
Memahami unsur kebahasaan dalam teks
prosedur “Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Ditilang?” (tugas 4)
|
V
|
Pemberian contoh sudah ada akan
tetapi masih kurang, karena dijelaskan dengan satu contoh yaitu partisipan
manusia secara umum. Begitu pula dalam pemberian tugas, belum diberikan
contoh secara implisit/nyata.
|
Mele-ngkapi contoh dalam penyajian
materi dan memberikan contoh yang berkaitan dengan tugas yang diberikan
terlebih dahulu.
|
|||
B.
Uraian Materi
|
|||||||
Pendahuluan
bab memotivasi siswa untuk belajar
|
…. Pembelajaran teks ini dimaksudkan untuk membantu peserta
didik mengembangkan wawasan pengetahuan mengenai kewarganegaraan. Tujuannya
adalah agar peserta didik terampil berpikir kritis dan kreatif serta mampu
bertindak efektif menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata.
|
V
|
Pada
pendahuluan bab disebutkan keuntungan
belajar teks prosedur, tetapi tidak dijelaskan dan diberi
contoh. Hal itu memang dapat menyebabkan siswa termotivasi untuk belajar,
tetapi kurang maksimal.
|
Perlu penjelasan
dan pemberian contoh mengenai keuntungan belajar
teks prosedur dalam realita nyata.
Seperti setelah mempelajari teks prosedur siswa akan mengetahui bagaimana
mengurus SIM dalam kehidupan sehari-hari, dsb. Sesuai dengan teks yang akan
disampaikan.
|
|||
Cakupan materi
setiap subtopik/subbab memenuhi
kebutuhan pencapaian KD
|
Kegiatan 1:
Pembangunan konteks dan pemodelan teks prosedur
1. Membaca
teks prosedur tentang tilang
2. Mendiskusikan Langkah-Langkah dalam Teks Prosedur
3. Memahami Struktur Teks Prosedur
4. Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
5. Menganalisis
Bagian-bagian Teks Prosedur.
Kegiatan 2:
Kerja sama membangun teks prosedur
1. Membaca Teks “Cara Mengurus SIM”
2. Menyusun Langkah-Langkah Penerimaan Siswa Baru
3. Membuat Teks Prosedur “Pengurusan KTP”
4. Menyusun
Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur
5. Memahami Prosedur Membaca Puisi.
Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Prosedur
1 Mencari Contoh Teks Prosedur tentang
Menjalankan Sebuah
Pekerjaan
2 Memahami Teks Prosedur
tentang Pengurusan Visa
3 Membuat Teks Prosedur
tentang Pengurusan
Kartu Pelajar
4 Menceritakan Ulang Teks Prosedur.
|
v
|
Terkait dengan
KD 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, dan 4.5. Cakupan materi memenuhi kebutuhan pencapaian KD
karena kata-kata kerja pada KD dioperasikan dalam penyajian teori, cara
memeroleh kompetensi, dan contoh. Akan tetapi tugas kurang variatif.
|
Perlu pendalam-an materi, pemvariatif-an tugas dengan cara memberi tugas akhir berupa pembuatan teks prosedur
dalam bentuk portofolio.
|
|||
Kegiatan pada
buku memfasilitasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik
|
1. Bacalah teks yang berjudul “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Ditilang?” kemudian
jawablah pertanyaan berikut!
2. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks itu!
mudah, diskusikanlah dengan teman-teman kalian dalam kelompok .
3. Temukanlah
kalimat yang mengandung … dalam teks prosedur tersebut!
4.Bacalah teks, cobalah mencari
contoh kalimat… Setelah itu, ubahlah dari satu jenis kalimat menjadi jenis
kalimat lainnya .
5. Identifikasilah
struktur teks …
6. Susun kembali urutan kalimat dalam teks prosedur.
7. Cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan milik
teman-teman kalian.
8. Diskusikanlah prinsip tersebut dengan teman-teman
kalian. Setelah itu, praktikkanlah untuk membaca sajak yang berjudul “Aku”.
|
V
|
Pendekatan saintifik digunakan, tetapi tidak eksplisit
dan tidak lengkap. Kegiatan “mengamati”, “mengumpulkan informasi”, “mengolah
informasi” dan “mencipta” digunakan, tetapi tidak
eksplisit. Kegiatan “menanya dan mengomunikasikan” tidak tampak.
|
Perlu pengekspli-sitkan
kegiatan menanya dan mengomunikasikan
dengan cara, misalnya, penyedian
pancingan dan/atau jawaban dalam kolom (mencocokan)
|
|||
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
|||||||
Penilaian Pengetahuan
|
Penilaian pengetahuan dalam buku
Bahasa Indonesia X semester 1 pada Kegiatan 1 dilakukan dengan
1. memberikan pertanyaan
yang berkaitan dengan isi sebelum masuk ke teks prosedur pada tugas 1
pertanyaan 1 s.d. 10). Soal ini dapat digunakan untuk mengukur pengetahuan
siswa.
2. Pertanyaan pada tugas 2: Dari teks tersebut, cobalah mencari contoh
kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif. Setelah itu,
ubahlah dari satu jenis kalimat menjadi jenis kalimat lainnya.
Pada Kegiatan 2
dilakukan dengan:
1. Perintah untuk
mengingat dan memahami teks prosedur.
2. Perintah mengidentifikasi
langkah-langkah pendaftaran sekolah.
3. Perintah untuk
bercerita langkah-langkah pendaftaran sekolah.
4. Perintah untuk
menyusun dan memmbanndingkan teks prosedur pada kegiatan 1.
Pada kegiatan 3 dilakukan dengan:
1.
Perintah mencari contoh teks prosedur tentang
menjalankan sebuah pekerjaan.
2.
Perintah memahami teks prosedur tentang pengurusan
visa.
3.
Perintah membuat teks prosedur tentang pengurusan kartu
pelajar.
4.
Perintah menceritakan ulang teks prosedur.
|
V
|
Indikator memuat beberapa perilaku
belajar yang kemudian dilakukan pengulangan pada indikator berikutnya.
|
Guru perlu menyusun penilaian
untuk indikator yang belum dikembang-kan penilaian-nya
|
|||
Penilaian
Sikap
|
Penilaian sikap dapat ditemukan
pada Kegiatan 1 Tugas 2 pertanyaan 1 d
s.d. 10 )
|
V
|
Pertanyaan 1) s.d. 10) dapat digunakan untuk mengukur sikap tanggung
jawab, jujur, dan simpati kepada orang lain
|
Guru perlu memper-jelas sikap apa
saja yang akan dinilai.
Guru perlu melengkapi dengan
instrumen penilaian sikap misalnya dengan membuat tabel untuk penilauan
sikap.
|
|||
Penilaian
Keterampilan
|
Pada buku Bahasa Indonesia X
penilaian keterampilan ditemukan pada kegiatan 2 tugas 3 membuat teks prosedur
kompleks dan tugas 4 menyusun kembali urutan kalimat teks prosedur kompleks
|
V
|
Siswa dilatih terampil membuat
teks prosedur komplek yang dihasilkan. Aktivitas ini dapat digunakan untuk
mencapai indikator menyunting bagian teks
prosedur kompleks dan memproduksi teks prosedur kompleks.
|
Dapat digunakan
dan perlu menyusun rubrik yang
lebih sesuai. (seperti mencari contoh teks prosedur pada kemasan makanan/
minuman ke dalam lembar folio).
|
|||
Tugas
|
Pada buku Bahasa Indonesia X tugas
sudah diberikan dengan memadai. Pada Kegiatan 1:
Tugas 1 Membaca teks prosedur tentang tilang
Tugas 2 mendiskusikan langkah-langkah dalam teks
prosedur
Tugas 3 Memahami Struktur Teks Prosedur
Tugas 4 Memahami Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur
Tugas 5 Menganalisis Bagian-bagian
Teks Prosedur.
Pada Kegiatan 2:
1) Tugas 1 Membaca Teks “Cara Mengurus SIM”
2) Tugas 2 Menyusun Langkah-Langkah Penerimaan Siswa
Baru
Tugas 3 Membuat Teks
Prosedur “Pengurusan KTP”
Tugas 4 Menyusun
Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur
Tugas 5 Memahami Prosedur Membaca Puisi.
|
V
|
Terdapat tugas-tugas yang tidak
jelas digunakan untuk mencapai indikator apa. Misalnya pada Kegiatan 1 Tugas
2 mendiskusikan langkah-langkah dalam teks prosedur.
(Siswa ditugasi menjawab
pertanyaan tentang tilang, hal 38.
Oleh pengarang.
|
Guru perlu memilih tugas yang sesuai dengan indikator. Cukup dengan siswa disuruh untuk
mendiskusikan bacaan kemudian hasil diskusi di bacakan. (tidak perlu ada
soal).
|
|||
Deskripsi rekomendasi hasil analisis
buku siswa
1.
Perumusan tugas perlu kesesuaian dengan indikator yang
akan dicapai
2. Teks Prosedur yang disajikan sudah cukup bnyak dan
sesuai dengan tema, KI dan KD
3. Perlu konsistensi dalam menyusun pertanyaan. Ada
pertanyaan yang diberi contoh terlebih dahulu tetapi ada pertanyaan yang tidak
diberi contoh (Pada Kegiatan 1 Tugas 2.
Jadi jika salah satu diberi contoh, maka yang lain pun juga diberikan
contoh biar lebih mudah untuk dipahami.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar